Senin, 20 Mei 2013

Pulau Haruku

Bagian timur pulau Ambon terdapat beberapa pulau yang telah ada sejak zaman datuk-datuk yang telah diberikan Tete Manis par katong berdiam. disana ada pulau saparua, pulau seram lalu yang lebih dekat lai yaitu pulau Haruku. Nah bagian ini beta akan carita sadiki tentang Pulau Haruku dan lebih dekat lai beta carita tentang Negeri Ikan Lompa (Negeri Haruku).
Sebelum beta lanjut tentang Negeri Ikan Lompa, beta perlu sebutkan beberapa negeri yang ada di pulau Haruku, diantaranya yaitu : 1. Negeri Haruku, dimana asal mulanya Gubernur maluku yang pertama. 2. Negeri Sameth, 3. Negeri Rohomoni, 4. Negeri Kabau, 5. Negeri Kailolo, 6. Negeri Pelauw, 7. Negeri Kariuw, 8. Negeri Hulaliu, 9. Negeri Aboru, 10. Negeri Wassu, 11. Negeri Oma.
Negeri Haruku adalah negeri Sasi Lompa dimana negeri ini biasa mengadakan buka sasi lompa pada tiap taong, akan tetapi sejak taong 2000 sampe skarang kegiatan adat ini sudah mulai punah di akibatkan beberapa hal (lihat selengkapnya, adat negeri haruku) yang mempengaruhi kebiasaan tersebut.
Negeri Haruku adalah negeri yang luas yang bersebrangan menjadi satu dengan negeri Sameth, dimana kedua negeri ini adalah satu jemaat Tuhan artinya satu gereja tetapi dua pemerintahan. kedua negeri ini memiliki luas kurang lebih satu kilometer stenga, terhitung dari ujung negeri haruku yaitu dari sektor yarden (saulanda) sampe ujung kampong baru. kedua negeri ini memiliki pante yang indah, paser putih halus yang berkilauan ketika disinari matahari. negeri Haruku di kepalai oleh pemerintahan Zepnath Ferdinandus. Keluarga Ferdinandus adalah keluarga keturunan raja dimana hanya keluarga Ferdinandus saja yang bisa memerintah pada negeri tersebut.
Negeri Haruku memiliki banyak fam (marga) (lihat selengkapnya, adat negeri haruku) yang beta seng bisa sebut satu per satu.
Pada blakang negeri haruku terdapat dua batang aer yang menuju pada satu titik cabang aer yang biasa disebut oleh orang haruku sameth yaitu aer cabang dua. Aer yang satu mengalir dari antamoi sedangkan yang satu mengalir dari kapala aer. nah kedua batang aer ini mengalir sampai titik temunya pada aer cabang dua, lalu mengalir sampe bakudapa aer masing ato disebut kaki aer (sebutann orang haruku sameth).
Nah di aer cabang dua sampe kaki aer biasanya di adakan penangkapan ikan lompa. penagkapan ikan lompa dilakukan dengan upacara adat oleh para kewang negeri. kewang negeri ini memiliki aturan2 untuk menjaga barbagai hasil bumi yang diberikan Tete Manis par negeri Haruku.
itutlah sedikit ulasan tentang negeri Ikan Lompa. Ikuti berita selengkapnya pada adat negeri Haruku...
By : Anak Negeri Ikan Lompa (OX)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar